Tidak melulu soal rasa, nama makanan yang unik dapat membuat orang-orang tertarik guna mencicipinya. Hal ini berlaku pun di Maluku yang mempunyai kuliner khas dengan nama yang menarik dan rasa yang lezat. Sajian khas yang terdapat di berita ambon ini dapat membuat kita ketagihan guna terus mengupayakan sajian yang menggugah selera.

Mulai dari nama camilan hingga dengan tumis sayur mempunyai nama khas yang dapat membuat wisatawan penasaran dengan format dan rasa dari makanan tersebut. Sajian khas itu diantaranya merupakan:

  1. Suami

Dilihat dari nama makanan ini, orang akan beranggapan bahwa itu ialah nama hidangan yang tercipta dari suami. Namun yang benar merupakan, kuliner khas Ambon ini tercipta dari ubi yang telah diparut, diperas airnya dan dikukus sampai matang. Makanan yang satu ini mempunyai 3 macam, yakni rasa original, memakai gula dan memakai parutan kelapa separuh tua.

  1. Lad

Kuliner yang satu ini ialah sajian khas masyarakat Kei yang tercipta dari tumis rumput laut. Hidangan Lad ini seringkali disantap bareng dengan embal, ketupat atau nasi. Kuliner Lad yang berasal dari rumput laut ini mempunyai kandungan protein yang tinggi dan menyegarkan.

  1. Sirsir

Hidangan lezat yang satu ini mempunyai nama sirsir. Merupakan hidangan berupa tumisan buah pepaya dan daun singkong dan santan. Sering dipakai sebagai lauk bareng dengan ikan asar dan embal. Rasa hidangan yang satu ini lumayan khas, yakni segar dan tidak banyak pahit.

  1. Sayur Lilin

Sayur lilin bukan berarti makanannya tercipta dari lilin, tetapi terbuat dari bahan dasar tebu telur atau familiar dengan sebutan terubuk yang telah dipotong. Sayur lilin ini kemudian diguyur dengan kuah berbumbu dan santan.

Informasi dari berita ambon yang satu ini membicarakan tentang sajian khas Maluku yang mempunyai nama menarik dan rasanya yang lezat. Dengan nama yang menarik ini lumayan membuat semua wisatawan, baik domestik maupun mancanegara tertarik untuk mengupayakan hidangan khas Maluku.

 

Tagged : # # #

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *