Pencernaan yang tidak lancar tentu bakal menjadi beban pikiran. Bagaimana tidak, jika makanan yang tidak segera dikeluarkan takutnya menumpuk di dalam tubuh dan memunculkan penyakit yang serius di kemudian hari.

Berikut Beberapa buah-buah yang berfungsi melancarkan pencernaan untuk pelancar BAB yaitu :

1. Apel
Rasa apel yang manis membuat tidak sedikit orang tergiur guna segera mencicipinya. Di balik rasa manis itu, apel pun berisi folat, vitamin A, C, kalium, dan mineral yang bagus guna melancarkan buang air besar. Mineral yang terdapat di dalam apel bakal melancarkan proses pembuangan, sampai-sampai apel bagus dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Di samping itu, buah apel pun berisi pectin yang diandalkan dapat meningkatkan jumlah bakteri baik sampai-sampai sisa-sisa makanan bisa segera diolah menjadi feces dan dikeluarkan dalam format kotoran melewati saluran pencernaan.

2. Alpukat
Buah alpukat berisi lemak tunggal yang tidak melulu bagus guna proses diet, namun kandungan seratnya pun bagus guna melancarkan pencernaan. Jika susah buang air besar, konsumsi lah satu buah alpukat dan tunggu sekitar satu atau dua jam. Setelah itu, Anda juga jadi kebelet buang air besar.

3. Pisang
Pisang mempunyai kandungan serat yang tinggi, bagus guna melancarkan pencernaan manusia. Kandungan serat ini nantinya akan memicu usus guna berkontraksi, sampai-sampai bakteri baik yang terdapat di dalam pencernaan bakal bekerja optimal untuk mengubah sisa-sisa makanan. Dengan demikian, usus juga menjadi bersih, pencernaan juga jadi lebih lancar bila Anda rajin mengonsumsi pisang masing-masing hari.

4. Lemon
Kandungan vitamin C yang ada pada buah lemon dapat melancarkan pencernaan manusia. Sebab, vitamin C ini dapat memecah dan mengolah sisa-sisa makanan menjadi feces yang nantinya bakal dikeluarkan melewati saluran pencernaan. Minumlah perasan buah lemon masing-masing pagi sebelum sarapan supaya sisa-sisa makanan kemarin bisa dikeluarkan, sampai-sampai usus menjadi lebih bersih.

5. Asparagus
Asparagus atau yang akrab disapa rebung mempunyai kandungan prebiotik yang tinggi. Di dalam prebiotik, ada kandungan serat yang jumlahnya dua kali lipat. Jadi, tidak heran bila asparagus tidak jarang dikonsumsi guna melancarkan buang air besar.

Meskipun rasanya hambar dan tidak banyak masam, namun asparagus dapat diolah menjadi menu makanan yang paling enak. Caranya dengan mencampurkan asparagus dengan sayur sawi putih, lalu diguyur dengan santan kelapa.

6. Air Kelapa
Air kelapa sangat sesuai diminum guna meredakan dahaga. Di samping rasa airnya yang segar dan daging buahnya yang legit, ternyata air kelapa bagus guna melancarkan pencernaan. Kandungan elektrolit dalam air kelapa menjadi zat pelancar sembelit dan sulit buang air besar. Kalau situasi pencernaan tidak dapat diajak kompromi, minumlah satu gelas air kelapa muda dan tunggu sampai drainase pencernaan memberi aba-aba untuk menerbitkan feces.

7. Teh Jahe
Rempah-rempah sekaligus bumbu dapur laksana jahe ternyata pun berkhasiat guna melancarkan buang air besar. Teh jahe akan memicu usus guna bekerja lebih cepat ketika mengelola makanan, sampai-sampai sakit perut atau sembelit dapat segera terselesaikan dengan baik.

Di samping bagus guna pencernaan, teh jahe pun bagus guna menghangatkan tubuh dan memperlebar pembuluh darah, sampai-sampai darah dapat mengalir lebih leluasa ke semua bagian tubuh.

8. Bayam
Makanan pelancar buang air besar terakhir ialah sayur bayam yang telah terkenal bakal kandungan serat tinggi di masing-masing helai daunnya. Di samping serat, ada pun kandungan magnesium dan mineral yang bagus untuk memicu gerak usus besar. Sehingga usus besar dapat bekerja lebih aktif dan produktif guna mengelola makanan yang telah dikonsumsi.

Minum Air Putih yang Cukup
Di samping mengonsumsi makanan di atas, imbangi pun dengan konsumsi air putih yang cukup. Sebab, air putih adalahsalah satu penyelesaian terbaik guna melancarkan buang air besar. Di samping itu, air putih pun bagus guna membunuh racun-racun di dalam tubuh yang berasal dari makanan yang telah dikonsumsi. Dengan demikian, kinerja drainase pencernaan jadi lebih lancar, tubuh pun bakal tetap sehat sebab terbebas dari toxic.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *