1. MESIN PENGEMAS MAKANAN

PENJELASAN PRODUK Mesin pengemas makanan enteng ini seringkali sering dipakai pada industri – industri makanansebagai pengisian dan pengepresan makanan. Pada Jual Mesin ini sudah didesain dengan software PLC(Programmable Logic Control ). Mesin ini pun telah di setting guna memproduksi 100 buah produkmakanan dalam 1 harinya. Dalam proses pengisian makanan ini, lokasi produk bakal terisi sesuaidengan setting masa-masa 5 detik. Kemudian dilanjutkan lagi dengan pengemasan makanan.Disini pengemasan makanan pun telah disetting cocok dengan masa-masa 3 detik. Hal ini sangatmenguntungkan andai di bandingkan dengan mengandalkan kerja manusia. Tapi bagaimana juga,mesin ini tetap memerlukan campur tangan manusia, yakni dalam menanam danpengoperasian awal. Setelah produk makanan telah berlalu prosesnya maka produk itu akansiap dikirim ke distributor.
Bagian-bagian mesin :
1. Konveyor
2. Tempat Produk
3. Tempat Pengisian
4. Sensor
5. Tempat Produk Telah Terisi Makanan
6. Silinder Bagi Pengepres Tutup Makanan

2. PRINSIP KERJA

On ditekan maka :Arus bakal mengalir sampai-sampai konveyor bareng dengan lokasi produk yang sedang di ataskonveyor itu akan pun ikut berjalan. Setelah sejumlah saat lantas tempat produk yangterletak di atas konveyor tersebut terpapar sensor 1 serta akan menciptakan konveyor berhenti berjalan.Pada ketika konveyor berhenti berlangsung maka lokasi produk bakal terisi makanan. Dalam prosespengisian makanan ini masa-masa yang sudah disetting yaitu sekitar 5 detik. Kemudian bilamana waktusetting telah berlalu konveyor beserta lokasi produk yang sudah tersi makanan bakal berjalan lagi.Setelah sejumlah saat lantas tempat produk yang terletak di atas konveyor itu terkenasensor 2 serta akan menciptakan konveyor berhenti berjalan. Tempat produk yang sudah terisi makanantersebut, bakal dipres tutupnya supaya tertutup rapat. Dalam proses pngepresan ini masa-masa yang telahdisetting yaitu sekitar 3 detik. Setelah proses pengepresan sudah selesai, konveyor serta tempatproduk yang sudah terisi makanan dan yang sudah tertutup rapat beserta konveyor bakal berjalan lagiuntuk dipungut oleh petugas. Mesin ini sudah disetting dalam memproduk makanannya dalam 1harinya yakni 100 produk.Apabila dalam 1 harinya mesin sudah memproduk 100 buah produk, maka mesin tidak akan dapat dijalankan lagi. Bagi menjalankan pulang mesin ini terlebih dahulu tombol reset ditekan kemudianmesin bakal bekerja kembali.Apabila off ditekan maka susunan mati sebab arus tidak mengalir sampai-sampai konveyor tidak akanberjalan.

3. TROUBLE SHOOTING

Gangguan/Penyebab/Perbaikan Seputar Mekanik
1. Pada ketika ditekan Pb on, konveyor tidak berjalanMesin tidak dapat memenuhi makanan – Pb on rusak- Mesin merasakan kerusakan
2.Tegangan kerja tidak ada
3. Tersumbat oleh sesuatu pada lubang pengeluaran makanan tersebut
4. Mesin pengisian makanan rusak- Diperbaiki ( bilamana kerusakannya parah Pb on butuh diganti )
5.Memeriksa motor, bilamana kerusakannya parah butuh diganti dengan motor yang baru
6.Cek sumber tegangan memakai voltmeter.
7. Bersihkan kotoran itu supaya lancar dalam proses pengisian makanannya
8. Memeriksa dan bersihkan kotoran dalam motor, bilamana kerusakannya parah butuh diganti denganmotor yang baru.
9. Silinder tidak bisa mengepres tutup pada lokasi produk
Setelah ditekan Pb on prinsip kerja tidak sesuai. Pada ketika Pb off ditekan susunan tetap bekerja
– Silinder rusak
– Aliran listrik tidak masuk pada silinder
– Pemprograman pada PLC tidak benar
– Kesalahan sambungan pada Pb off
– Kontak pada Pb off kotor sampai-sampai tidak bekrja dengan baik.
Perbaikan
-apabila kerusakannya parah PB on butuh diganti
– Memeriksa arus yang masuk
– Memeriksa susunan pada ladder digram dan ganti kontak yang salah dengan yang benar
– Memeriksa sambungan pada Pb off dan menyusun dengan benar
– Memeriksa kontak Pb off dan dibersihkan, bilamana kerusakannya parah butuh diganti dengan Pb offyang baruMESIN PENGEMAS MAKANAN RINGANDiajukan Guna Memenuhi Tugas Semester 8 ( Delapan )Pada Kompetensi Pengendali Elektro HidrolikPengendali Elektro Pneumatik ( PEHEP )Dan Pengendali ElektroProgrammable Logic Control ( PLC )

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *